Our Lawyers

Sebagai Firma Hukum yang berada di Negara Kesatuan Republik Indonesia, Firma Hukum Endang Hadrian & Partners memberikan jasa bantuan hukum dan/atau konsultansi hukum secara profesional, baik itu dibidang litigasi maupun non litigasi didukung dengan Para Ad vokat dan Konsultan Hukum yang berpengalaman dalam menangani berbagai macam permasalahan hukum.

Perubahan Endang Hadrian & Partners dari Law Office menjadi Law Firm bertujuan agar Endang Hadrian & Partners terus berkembang, selain mampu menangani dan menguasai bidang litigasi, juga mampu menangani dan menguasai bidang non litigasi. Sejak tahun 2018 Firma Hukum Endang Hadrian & Partners selain menangani perkara litigasi, juga menangani perkara non litigasi.

MANAGING PARTNERS

Dr. ENDANG HADRIAN, S.H., M.H.

Selaku Pendiri sekaligus Managing Partner Law Firm Endang Hadrian & Partners, Endang Hadrian memiliki keahlian khusus dalam bidang Hukum Pertanahan. Memulai karirnya dalam bidang hukum sebagai staf legal sejak tahun 1998. Setelah mendapatkan ijin berpraktik sebagai Pengacara Tahun 2000 dan mendapatkan ijin sebagai Advokat Tahun 2002 berdasarkan Keputusan Menteri Kehakiman No.D-171.KP.04.13-Th.2002 Tanggal 26 Juni 2002. Sebelum mendirikan Law Firm Endang Hadrian & Partners.

Endang juga sebelumnya pernah bekerja di beberapa Kantor Hukum di Jakarta, antara lain Marthens Manafe & Partners. Frans Winarta & Partners. dan Djafar. Fredrick & Partners. Endang Hadrian juga merupakan Partner Pendiri Kantor Hukum Syuciron. Hadrian & Partners. Saat ini. Endang Hadrian juga terdaftar sebagai Mediator Non Hakim di Pengadilan Negeri Tangerang, selain sebagai Kurator dan Pengurus.

Setelah menyelesaikan pendidikan Sarjana Hukum di Universitas Muhammadiyah Jakarta pada tahun 1998, pada tahun 2009 Endang Hadrian meraih gelar Magister Hukum di Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran, Bandung dengan predikat Cumlaude. Selanjutnya tahun 2019, meraih gelar Doktor Ilmu Hukum dari Universitas Trisakti dengan predikat Cumlaude. Endang Hadrian saat ini sejak tahun 2016 sebagai Dosen Tetap pada Fakultus Hukum Universitas Bhayangkara Jakarta Raya. Telah banyak perkara-perkara besar yang pernah ditangani dan dimenangkan oleh Endang Hadrian selama karirnya sebagai Advokat, selain perkara perdata, pidana. PTUN. KPPU, KLHK, Arbitrase. juga perkara-perkara lainnya diantaranya :

• Gugatan PILKADA Tangerang Selatan tahun 2009 sebagai Kuasa Hukum H.Arsid dan Andre Taulany

• Gugatan PILKADA Pekanbaru tahun 2010

• Gugatan PILKADA Kabupaten Tangerang tahun 2011

• Tindak pidana korupsi Penggelapan Pajak

• Tindak pidana korupsi Damkar

• Tindak pidana korupsi e-ktp

• Tindak pidana korupsi Raskin

• Tindak pidana korupsi Pengadaan Alat Sekolah

• Perkara Perdata Proyek Jalan Lingkar Selatan (JLS)

• Eksekusi perdata DL Sitorus atas tanah milik PT Jaya Real Property. Tbk

• Sebagai Lawyer PEMDA Kabupaten Tangerang Sejak tahun 2004 sfd 2014

• Sebagai Lawyer PT. Jaya Real Property, Tbk sejak tahun 2004 sampai dengan sekarang

• Sebagai Lawyer PT. Dirgantara Indonesia (Persero) Sejak tahun 2014

• Sebagai Lawyer PT. Wika Gedung pada tahun 2016

• Gugatan Pembatalan 26 Sertifikat atas Tanah di Cilegon pada Pengadilan Tata Usaha Negara Serang

• Badan Arbitrase Nasional Indonesia sebagai Kuasa Hukum PDAM

Dan masih banyak lagi klien-klien yang lainnya baik perusahaan-perusahaan maupun perorangan yang tidak dapat disebutkan satu persatu dalam Company Profile ini.

OUR LAWYERS

RAMA DHIANTY, S.H., M.H.

Selama kurang lebih 13 tahun lamanya sejak tahun 2000 bekerja di Kantor Hukum AMANAH YPK-PT PLN (Persero), menangani perkara-perkara litigasi maupun non litigasi di lingkungan PT PLN (Persero) beserta unit-unit dan anak perusahaannya. diantaranya class action dan legal standing pemadaman listrik. gugatan terkait P2TL (Penertiban Pencurian Tenaga Listrik), gugatan terkait tanah proyek-proyek pembangkit listrik, gugatan wanprestasi terkait perjanjian ketenagalistrikan. Selain itu berpengalaman menangani pekerjaan non litigasi, diantaranya legal opinion, legal review dan legal audit.

Tahun 2014-2016, Rama merupakan salah satu partner pendiri dari Kantor Hukum Karsa Mandiri. Alumnus Fakultas Hukum Padjadjaran Bandung tahun 1996, dan alumnus Magister Hukum Fakultas Hukum Universitas Indonesia tahun 2002, saat ini bergabung di Firma Hukum Endang Hadrian & Partners.

Selain itu. sebagai Dosen Tetap di Fakultas Hukum Universitas Bhayangkara Jakarta Raya dan Tenaga Pengajar Honorer di Fakultas Ekonomi Unika Atmadjaja Jakarta. Selain itu, juga aktif tergabung dalam Pusat Kajian Kebijakan Publik dan Hukum (Puskapkum)suatu lembaga yang fokus pada kajian persoalan kebijakan publik dan hukum di Indonesia.

NEIL SADEK, S.H.

Neil Sadek memperoleh gelar Sarjana Hukum pada tahun 1996 dan Magister Hukum Pidana tahun 2008 dari Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran. Bandung. Pada bulan Juni 1996, Neil Sadek juga lulus dari Pusat Studi Bahasa Belanda Erasmus Huis Taalcentrum. Setelah menyelesa ika n pendidikan Sarjana Hukum, Neil Sadek dalam rentang waktu 1996 sampai dengan 2001 banyak terlibat sebagai relawan di Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Keadilan. Lembaga Pembelaan Hak-Hak Asasi Manusia, serta penguasaan, bahasa lnggris dan bahasa belanda yang baik membuat Neil Sadek memiliki pengalaman bekerja selaku Senior Partner di beberapa Firma Hukum, memiliki spesialisasi dalam bidang Angkasa, Hukum Bisnis dan Kontrak, Hukum Perbankan. Hukum Kepailitan, Legal due Dilligence, Hukum Asuransi. Hukum Pajak, Keimigrasian Hukum Pertambangan, Hukum Tata Usaha Negara. Hukum Perburuhan.

M. SUNANDAR YUWONO, S.H., M.H.

Sunan mendapatkan gelar Sarjana Hukum dari Fakultas Hukum Universitas Azzahra. kemudian tahun 2013 mendapatkan gelar strata dua di Indonesia School of Management. Segudang pengalaman dan prestasi yang sudah dicapai oleh Sunan selain sebagai Advokat. juga sering sebagai narasumber dalam Penyuluhan Hukum Nasional khususnya penanganan TIPIKOR. Selain sebagai Advokat. Sunan juga sebagai Konsultan Pendidikan Nasional. Konseptor di Yayasan Life and Peace atau Harmoni kehidupan yang diawasi oleh (Alm)Dr.Adnan Buyung Nasution

DEVARA K. BUDIMAN, S.H., M.H.

Devara merupakan alumnus Fakultas Hukum Universitas Airlangga Surabaya tahun 2008. selepas itu melanjutkan pendidikan Magister Hukum Universitas Indonesia tahun 2011. Memulai karir dalam bidang hukum sebagai Paralegal di Kantor Hukum Fauzie and Partners pada tahun 2008 s.d. 2009, dan sebagai Advokat di WJN Tantawi & Partners pada 2009-2012.

Devara merupakan anggota Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI). Anggota Perkumpulan Profesi. Likuidator Indonesia (PPLI), anggota Asosiasi Auditor Hukum. Auditor Hukum Inonesia (ASAHI). Auditor Hukum dan anggota Himpunan Kurator dan Pengurus Indonesia (HKPI) Selain menguasai bidang litigasi, Devara juga berpengalaman menangani bidang non litigasi. Selain sebagai advokat. Devara juga pernah menjadi narasumber seminar bidang hukum di lingkungan Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) pada tahun 2018 sampai dengan sekarang.

ABDUL SALAM, S.H.

Abdul Salam memulai karirnya dibidang hukum dengan menjadi Asisten Advokat Publik di Pusat Advokasi Hukum dan Hak Asasi Manusia Indonesia (PAHAM Indonesia) pada tahun 2016. Saat ini Abdul Salam sedang menempuh Program Pascasarjana Magister Hukum di Fakultas Hukum Universitas Muhamadiyah Jakarta. dan merupakan anggota Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI). Abdul Salam mulai bergabung di Firma Hukum Endang Hadrian & Partners pada tahun 2017, meski tergolong muda. Abdul Salam dikenal menguasai praktik hukum bidang litigasi pidana, perdata, perburuhan. PTUN. KLHK. dan perkara non litigasi.

SITI ROHMAH, S.H.

Bergabung di Firma Hukum Endang Hadrian & Partners sejak tahun 2017 sampai sekarang. Siti Rohmah merupakan anggota Kongres Advokat Indonesia (KAI) dan saat ini sedang melanjutkan pendidikannya di Program Pascasarjana Magister Hukum di Fakultas Hukum Universitas Muhamadiyah Jakarta. Dalam usia yang tergolong masih muda. Siti Rohmah sudah menangani beberapa perkara di bidang litigasi Perdata, Pidana. Tata Usaha Negara. dan Perselisihan Hubungan Industrial (PHI) serta perkara non litigasi.

MOHAMMAD ZAIN SAVERO, S.H.

Mohammad Zain Savero atau yang akrab disapa Vero mendapat gelar Sarjana Hukum dari Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) pada tahun 2011. Vero mengawali karir di dunia advokasi sebagai pegiat Hak Asasi Manusia (HAM) di Pusat Advokasi Hukum & HAM (PAHAM) Cabang DKI Jakarta sejak tahun 2016. Setelah lulus dari Ujian Khusus Profesi Advokat pada tahun 2017. Mohammad Zain Savero diangkat sebagai Advokat oleh Organisasi PERADI (Perhimpunan Advokat Indonesia) Pada tahun 2019, Vero bergabung di Law Firm Endang Hadrian & Partners, dan terbiasa menangani perkara litigasi dan non litigasi, seperti Pidana, Perdata, Tata Usaha Negara, Perburuhan dan lainnya.

KONSULTAN PAJAK

MUHAMMAD ALAM SUMANTA, S.E.,BKP.

Alam meraih gelar Sarjana Ekonomi di Fakuttas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Jakarta pada tahun 2000. dan melanjutkan pendidikan Magister Akuntansi di Fakultas Ekonomi Universitas Mercu Buana Jakarta. Memulai karir sebagai Konsultan Pajak sejak tahun 2005. dan mendapatkan ijin sebagai Konsultan Pajak pada tahun 2014 nomor KIP-1978/Ip.B.PJ/2015.

Alam merupakan anggota Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI). Selama karirnya sebagai Konsultan Pajak telah memiliki klien tetap sebanyak 81 (delapan putuh satu) perusahaan. Alam memiliki spesialisasi Yaitu Kepatuhan Pajak (Tax Compliance), Perencanaan Pajak (Tax Planning). Konsultansi Pajak (Tax Advisory). Pengembalian Pajak (Tax Restitution). Pemeriksaan Pajak (Tax Audit), Pendampingan Perpajakan (TaxAssistance Service), Pendampingan di Pengadilan Pajak (TaxAppeaf).